Wednesday, January 9, 2013

Desa Air Anyir Menggelar Acara Adat Rebo Kasan

POLDA KEP. BABEL, POLRES BANGKA – Masyarakat Desa Air Anyir Kec. Merawang Kab. Bangka, Rabu (9/1/2013) sekitar pukul 09.00 Wib, menggelar acara adat Rebo Kasan. Acara adat Rebo Kasan yang turun temurun dilakukan masyarakat Desa Air Anyir tersebut dihadiri Bupati Bangka, Kapolres Bangka, Unsur Muspida Kab. Bangka dan beberapa perwakilan elemen masyarakat. Menurut tokoh adat setempat, acara Rebo Kasan dilaksanakan setahun sekali setiap hari Rabu minggu terakhir bulan Shafar. Masyarakat meyakini, Rebo Kasan bertujuan untuk memohon doa kepada Allah agar masyarakat terhindar dari mara bahaya.

Dalam sambutannya, Bupati Bangka H. Yusroni Yazid, SE berpesan kepada masyarakat agar selalu berdoa mohon perlindungan Allah agar terhindar dari bala’ / mara bahaya. Bupati Bangka juga menyampaikan kepada masyarakat, tradisi Rebo Kasan ini merupakan salah satu kebudayaan yang perlu dilestarikan karena sarat dengan nilai kearifan lokal adalah momen silaturahmi yang sangat terjalin dengan baik.

Dalam rangkaian adat Rebo Kasan ini, dilakukan doa bersama sekaligus menarik ketupat lepas yang dimulai dengan azan yang merupakan suatu panggilan untuk kebaikan. Setelah prosesi ketupat lepas, tahap kegiatan selanjutnya adalah mencelupkan wafaq ke dalam air dan meminum air wafaq yang merupakan suatu ikhtiar usaha, bukan untuk menolak bala' atau menghindar dari musibah dengan meminum air wafaq tetapi selalu ingat kepada Allah saat menjalani ujian atau cobaan dari Allah.

No comments:

Post a Comment