Monday, September 30, 2013

Kapolres Bangka Himbau Warga Sempan Dan Kimak Untuk Saling Berdamai

POLDA KEP. BABEL, POLRES BANGKA – Jumat (27/9/2013), Kapolres Bangka AKBP I Bagus Rai mempertemukan perwakilan warga Desa Kimak Merawang dan perwakilan warga Desa Sempan Pemali di Kantor Polsek Merawang, Jumat (27/9/2013). Kegiatan pertemuan tersebut dilaksanakan di Balai Pertemuan Kantor Camat Merawang. Kapolres Bangka AKBP I Bagus Rai menjelaskan, pertemuan kedua belah pihak ini dilakukan sebagai upaya antisipasi agar pertikaian dan konflik sosial yang kerap terjadi di wilayah tersebut tidak terulang lagi. Hadir dalam pertemuan tersebut, Camat Merawang Tony Marzah, Kapolsek Pemali Iptu May Diana Sitepu, Kapolsek Merawang Iptu Jumbo, Kades Sempan Buim, Kades Kimak Agus dan beberapa perwakilan warga dari Desa Sempan dan Desa Kimak.

Sebelumnya, sempat terjadi pertikaian pemuda beberapa minggu lalu yang nyaris berujung perang kampung. Setelah aparat dari Polsek Pemali, Polsek Merawang dan Polres Bangka dikerahkan akhirnya situasi kembali kondusif. "Jadi pertemuan ini harapannya dapat menghasilkan suatu kesepakatan dan kebersamaan kembali sehingga tidak ada lagi keributan antar warga dua desa ini," jelas Kapolres Bangka AKBP I Bagus Rai.

Dalam arahannya, Kapolres Bangka I Bagus Rai Erliyanto SH SIK mengatakan, pertemuan yang digelar antara warga Desa Sempan dan Kimak Kabupaten Bangka agar ada penyelesaian permasalahan terkait perkelahian antar desa tersebut dan dapat diselesaikan dengan baik dan tidak berlarut-larut, tetapi dapat diselesaikan sebaik mungkin hingga tuntas. Usai pertemuan, kedua belah pihak antara warga Desa Sempan dan Kimak saling berdamai dan sepakat untuk menyelesaikan permasalahan ini hingga tuntas.

Kapolres Bangka berharap, ada itikad baik dari pihak keluarga pelaku dengan ditemani Babinkamtibmas dan polsek datang ke rumah korban untuk minta maaf kepada pihak keluarga dan menyerahkan pelaku ke Polisi guna mempertanggungjawabkan perbuatanya. Kepada keluarga korban, Kapolres Bangka menghimbau untuk menahan diri, serta menyerahkan penanganan kasus tersebut kepada pihak Kepolisian. "Mari kita selesaikan permasalahan ini dengan kekeluargaan, sebab selama ini kedua desa sudah terjalin persuadaraan dengan adanya perkawinan antara warga kedua desa," ujar Kapolres Bangka.

No comments:

Post a Comment