Thursday, August 29, 2013

Peran Serta Masyarakat Sangat Penting Dalam Menjaga Kamtibmas

POLDA KEP. BABEL, POLRES BANGKA – Rabu (28/8/2013), pada saat mengambil apel pagi, Kapolres Bangka AKBP Pipit Rismanto, SIK menghimbau anggota Kepolisian di jajaran Polres Bangka untuk lebih waspada saat menjalankan tugasnya di lapangan. Himbauan ini terkait dengan sejumlah peristiwa penembakan, penganiayaan dan penyerangan terhadap beberapa anggota Polri yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia. "Anggota harus lebih waspada terhadap hal-hal yang mungkin bisa membahayakan dirinya saat bertugas," kata AKBP Pipit Rismanto, SIK.

AKBP Pipit Rismanto, SIK juga menjelaskan bahwa pihaknya terus melakukan deteksi dini terhadap berbagai kegiatan dan aliran yang mungkin masuk ke Bangka untuk mengacau dan mengganggu kamtibmas. Deteksi dini ini sangat diperlukan sehingga jajaran Intelkam dan Babinkamtibmas hingga ke polsek-polsek harus berjalan maksimal. Selain itu, peran serta dan partisipasi aktif serta informasi dari masyarakat sangat penting sekali. Masyarakat yang paling tahu apa yang terjadi setiap harinya dilingkungan mereka. Sangat penting bagi anggota Kepolisian untuk menjalin sinergitas dan sering berinteraksi dengan masyarkat guna menumbuhkan kepercayaan dan rasa aman.

Tugas anggota Kepolisian bisa dikatakan berat dan tidak bisa disepelekan. Sebab untuk memantau daerah dan masyarakat saat ini tidak sebanding dengan jumlah anggota Polri yang jauh dari ideal. Maka dari itu kerjasama dengan masyarakat dan apaarat lainnnya merupakan salah satu cara untuk memantau situasi. "Setiap saat saya tegaskan kepada anggota saya untuk terus menjaga hubungan baik dengan masyarakat dan aparat lainnya sebab hal tersebut sangat bermanfaat dalam menjalankan tugas," jelas Kapolres Bangka.

No comments:

Post a Comment